Pages - Menu

Pintar Bahasa Arab Materi 10-11 : Aqsaamu al-ismi (pembagian isim) : Isim Mufrod dan isim Mutsanna, serta isim Jamak


Materi 10-11 :  Aqsaamu al-ismi (pembagian isim) : Isim Mufrod dan isim Mutsanna, serta isim Jamak


Aqsaamu al ismi : taqsiimu al ismi bi an-nadhari ila 'adadihi (Pembagian isim Ditinjau dari segi jumlah bilangannya)
1. mufrad
3. mutsanna
3. jama' (jama' mudzakar salim, jama' muannats salim, jama' taksir)

Penjelasan:
1. Isim mufrod : isim yang jumlah bilangannya 1 (kata tunggal), contoh: mu'minun (seorang mukmin), kaafirun (seorang kafir)
2. Isim mutsanna: isim yang jumlah bilangannya 2 (ganda/ double), contoh: mukminaani, mukninaini (2 orang mukmin), kaafirooni, kaafiroini. Cara pembentukan isim mutsanna: dengan menambahkan alif dan nun atau dengan menambahkan ya dan nun pada akhir isim mufrodnya.
Contoh: mu'minun---mu'minaani/mu'minaini, kaafirun---kaafirooni/ kaafiroini.


3. isim Jamak
a. Jamak mudzakar salim: jama' yang dibentuk dari isim mufrodnya yang digunakan untuk menunjukkan jenis laki-laki. Contoh: mu'minuuna, mu'miniina, kaafiruuna, kaafiriina. Cara pembentukannya: dengan menambahkan wau dan nun atau ya dan nun pada akhir isim mufrodnya.
Perhatikan:
perbedaan penambahan ya dan nun:

b. jamak muannats salim:  jama' yang dibentuk dari isim mufrodnya yang digunakan untuk menunjukkan jenis perempuan. Cara pembentukan: dari isim mufrot dengan menambahkan alif dan ta. namun perlu diingat, bentuk mufrot dari isim muannats biasanya dengan ta marbuto'. Maka yang pertama pada isim mufrodnya kita hilangkan duru ta' marbuto'nnya lalu ditambah alim dan ta. Contoh: mu'minatun -----isim mufrod: ta'nya dihilangkan--Mukmina ditambah alif dan ya menjadi Mukminaatun.

c. Jamak taksir: Caranya adalah dengan membuka kamus. Contoh: Rasuulun-Rusulun, baitun-buyuutun, Kitaabun--kutubun, Ustaadzun - asaatiidzu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar